Kompak Berdasi Warna Merah, Jokowi-Ma’ruf Lantik Isdianto Sebagai Gubernur Kepri

  • Whatsapp
Presiden Jokowi-Wapres Maruf Amin saat melantik Isdianto sebagai Gubernur Kepri/Repro/RMOL
Presiden Jokowi-Wapres Maruf Amin saat melantik Isdianto sebagai Gubernur Kepri/Repro/RMOL

SOROT.NET – Nurdin Basirun yang divonis empat tahun kurungan penjara karena kasus gratifikasi izin prinsip pemanfaatan ruang laut di wilayah Kepulauan Riau telah digantikan posisinya sebagai Gubernur oleh Wakilnya Isdianto.

Pergantian Gubernur Kepri ini dilakukan dalam acara pengangkatan dan pelantikan pejabat daerah oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (27/7).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan video yang diposting akun Youtube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin nampak kompak mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi warna merah.

Dalam acara tersebut, pasangan kepala negara itu ditemani oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan juga Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, yang juga mengenai setelan jas hitam dan dasi warna merah. Sementara Menko Polhukam Mahfud MD nampak mengenakan setelah jas hitam dan dasi biru.

Prosesi pelantikan Isdianto dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti physical distancing dan penggunaan masker.

Dalam prosesi pelantikan, Staf Sekretariat Presiden menyebutkan bahwa Isdianto diangkat sebagai Gubernur Kepri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 71/P/2020 tentang pengesahan pengangkatan gubernur sisa masa jabatan tahun 2016-2021.

Sebelum melantik Ketua Dewan Pertimbangan DPD PDIP Provinsi Kepri ini, Jokowi menanyakan kesediaan Isdianto untuk diambil sumpah jabatannya.

“Sebelum saudara H Isdianto mengucapkan sumpah jabatan Gubernur Kepulauan Riau sisa masa jabatan tahun 2016-2021, terlebih dahulu saya akan bertanya pada saudara. Apakah saudara beragama Islam? Bersediakah saudara diambil sumpah menurut agama Islam,” tanya Jokowi.

Sontak, Isdianto menjawab Islam dan mengaku bersedia mengucapkan sumpah jabatan sebagai Gubernur Kepri, yang kemudian Jokowi langsung memandunya untuk membacakan sumpah.

“Demi Allah saya bersumpah. Akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD RI tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa ” ujar Jokowi dengan diikuti oleh Isdianto hingga selesai.

Setelah pelantikan, Isdianto diundang untuk melakukan sesi foto bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Setelah itu, barulah Jokowi dan Ma’ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada Isdianto dengan menempelkan kedua tangannya sebagai tanda salam.

Sumber: rmol.id

Pos terkait