Menko Airlangga: Presiden Minta Percepat Penyerapan Stimulus Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Airlangga Hartarto. ©2020 Foto: Farhan/Humas Ekon/merdeka.com
Airlangga Hartarto. ©2020 Foto: Farhan/Humas Ekon/merdeka.com

SOROT.NET – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menghadiri Rapat Terbatas secara virtual bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin terkait perkembangan Komite Penanganan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19, Senin (27/7).

Menko Airlangga mengatakan, rapat tersebut membahas percepatan kinerja komite terkait penyerapan stimulus.

Bacaan Lainnya

“Presiden Joko Widodo memerintahkan Komite Penanganan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19 untuk dapat mendorong dan mempercepat penyerapan stimulus dalam menangani pandemi Covid-19,” kata Airlangga dalam akun instagramnya @airlanggahartarto_official, Senin (27/7).

Menko Airlangga menjelaskan, Presiden Joko Widodo juga meminta pemerintah dan komite memprioritaskan kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam menjalankan tugas.

“Presiden menginstruksikan kepada Komite untuk menurunkan angka kematian, meningkatkan angka kesembuhan, dan mengendalikan laju penularan Covid-19,” ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Komite akan mengintegrasikan kebijakan kesehatan dan ekonomi dengan melakukan langkah-langkah terobosan dengan bekerja lebih cepat.

Selain itu, Airlangga menjelaskan, arahan Presiden Joko Widodo lainnya yang krusial adalah terkait langkah komunikasi dan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru dengan protokol kesehatan yang harus lebih ditingkatkan dan dipatuhi oleh seluruh elemen masyarakat.

Untuk itu, Airlangga mengajak masyarakat untuk bersama menciptakan rasa aman dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Hal ini penting dilakukan agar kegiatan perekonomian berlangsung kondusif dan kondisi sosial ekonomi masyarakat pun berangsur membaik.

“Integrasi kesehatan dan ekonomi dalam menangani dampak Covid 19 menjadi makin terkoordinasi dan hasilnya pun akan positif, mendukung satu dengan yang lain, sebagaimana yang diharapkan kita semua,” tutup Airlangga.

Sebagai informasi, Rapat Terbatas tersebut dihadiri Wakil Ketua Komite Kebijakan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menkopolhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Mendagri Bapak Tito Karnavian, dan Ketua Pelaksana Menteri BUMN Erick Thohir, serta Satgas Penanganan Covid-19 Kepala BNPB Doni Monardo dan Satgas Ekonomi yang juga Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin bersama jajaran kementerian terkait.

Sumber: merdeka.com

Pos terkait