Pandemik Covid-19 Peluang Bagi Indonesia Jadi Negara Mandiri Dan Berdikari

  • Whatsapp
Peneliti Insititut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata/RMOL
Peneliti Insititut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata/RMOL

SOROT.NET – Di setiap krisis selalu ada peluang yang bisa dimanfaatkan untuk bangkit dan berjaya. Untuk itu, Presiden Joko Widodo harus dapat memanfaatkan wabah Covid-19 untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang mandiri dan berdiri di atas kaki sendiri (berdikari).

Peneliti Insititut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata mengatakan, pandemik Covid-19 merupakan sebuah ujian bagi negara untuk bisa hidup secara mandiri dan berdikari.

Bacaan Lainnya

“Pandemik Covid-19 menguji negara untuk mandiri dan berdikari. Pandemik membuka peluang dan kran bagi UMKM menggalakkan produk lokal,” ujar Dian Permata kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (29/7).

Agar produk lokal digalakkan, kata Dian, pemerintah perlu memberikan tunjangan dalam bentuk insentif kebijakan yang ramah kepada UMKM.

“Seperti mengurangi peraturan atau regulasi yang menjadi polisi tidur bagi dunia UMKM. Ini bertujuan mempercepat akselerasi,” jelas Dian.

Selain itu, sambung Dian, pemerintah juga harus memperketat bahkan mempersempit kran impor agar tingkat serapan barang produksi dalam negeri lebih tinggi.

“Kran impor juga harus mulai diperketat dan dipersempit. Gunanya menjaga sebaran dan tingkat serapan barang sejenis produksi dari UMKM,” pungkas Dian.

Sumber: rmol.id

Pos terkait