Presiden Sempat Tidak Pakai Masker Saat Ratas, Ini Klarifikasi Istana

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas/RMOL
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas/RMOL

SOROT.NET – Dalam rapat terbatas (Ratas) pemerintah terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang digelar, Senin kemarin (3/8), menjadi bahan perbincangan publik.

Pasalnya, Presiden Joko Widodo tampak tidak menggunakan masker dalam ratas yang dihadiri secara langsung oleh jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan foto dari Sekretariat Presiden, tak hanya Jokowi yang tidak menggunakan masker, tetapi juga beberapa menteri lainnya.

Sementara, yang tampak menggunakan masker antara lain Wapres Maruf Amin, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Persoalan ini akhirnya diklarifikasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, yang menyatakan bahwa Jokowi tetap menggunakan masker saat setelah selesai berbicara.

“Kadang kalau pakai masker kurang jelas bicaranya. Namun di meja Bapak Presiden sudah ada pembatas kaca akrilik,” ujar Heru, Selasa (4/8).

Bahkan, lanjut Heru, meja oval di Istana Merdeka yang digunakan untuk Ratas kemarin juga sudah dipasangi pembatas untuk mencegah penyebaran droplet, yang tujuannya untuk memperketat protokol kesehatan di lingkungan Istana Kepresidenan.

“Di meja oval yang akan menerima tamu-tamu yang diundang oleh bapak presiden, kami siapkan pembatas. Pembatas itu artinya kaca akrilik sehingga bapak presiden walaupun berhadapan tetap ada batas,” demikian Heru Budi Hartono menutup.

Sumber: rmol.id

Pos terkait