Tito Ingatkan Anak Buahnya Harus Punya Kesungguhan Melayani Masyarakat

  • Whatsapp
Menadgri Tito Karnavian/RMOL
Menadgri Tito Karnavian/RMOL

SOROT.NET – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menekankan komitmen pada reformasi birokrasi saat pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Tujuannya, untuk mendukung proses pelayanan kepada pemerintah daerah dan masyarakat yang lebih efisien, efektif dan lebih baik,

Bacaan Lainnya

Hal tersebut juga sekaligus mendukung salah satu visi Presiden Joko Widodo yaitu Reformasi Birokrasi menuju Indonesia Maju.

“Presiden dalam salah satu visi beliau adalah melakukan reformasi birokrasi, karena birokrasi dianggap berbelit-belit. Birokrasi penting bagian dari administrasi dan organisasi, tetapi jangan sampai membuat yang mudah menjadi sulit,” tegas Mendagri.

Salah satu reformasi birokrasi yang telah dilakukan di Kemendagri ialah reformasi struktural agar lembaga-lembaga semakin sederhana, simple dan lincah seperti arahan Presiden Joko Widodo.

Tito mencontohkan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri yang melakukan terobosan dengan membuat sistem Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

“Terobosan yang baik, tapi bisa saja karena ini bukan vertikal penuh satu komando para pejabat di daerah bisa saja mentalitasnya masih belum berubah,” tuturnya pada saat Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) Kemendagri dan BNPP serta Pejabat Fungsional Ahli Utama, Jakarta Pusat, Selasa (18/8).

Selain itu, Mendagri juga meminta ada terobosan-terobosan di bidang lain seperti pengurusan keuangan daerah, APBD atau tunjangan daerah agar para pejabat yang baru bisa dikerahkan untuk melakukan perbaikan.

“Saya minta kita kerjasama mengubahnya, untuk itulah saya minta rekan-rekan pejabat Eselon I bisa mengendalikan bawahannya termasuk Eselon II. Eselon II juga bisa melakukan perbaikan di bawahnya,” tuturnya.

Kemudian, Mendagri mengajak agar para pejabat Eselon II yang baru dilantik dapat menunjukkan kesungguhan dalam melayani masyarakat, bangsa dan negara.

“Untuk itu rekan-rekan dengan amanah baru ini betul-betul disyukuri dan jaga betul amanah itu, jangan sampai kepercayaan para pimpinan rekan-rekan termasuk pimpinan yang lebih tinggi menjadi hilang. Kepercayaan itu tidak gampang, kepercayaan dibentuk melalui proses waktu, sejalan dengan kebersaman,” tutupnya.

Sumber: rmol.id

Pos terkait