Wakil Wali Kota Solo Dinyatakan Sembuh dari COVID-19, Lakukan Test Swab Mandiri

  • Whatsapp
Achmad Purnomo. ©2019 Merdeka.com/Danny Adriadhi Utama
Achmad Purnomo. ©2019 Merdeka.com/Danny Adriadhi Utama

SOROT.NET – Pada 23 Juli lalu, warga Kota Solo dihebohkan dengan berita Wakil Wali Kota mereka, Achmad Purnomo, yang dinyatakan positif COVID-19. Berita itu semakin menghebohkan karena sebelumnya Ia sempat melakukan kontak dengan Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, Ia juga sempat melakukan kontak dengan pejabat-pejabat lainnya seperti Sekda Solo Ahyani, Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo, dan juga 100 pejabat lainnya di Pemkot Solo. Karena itulah tes swab massal dilakukan di lingkungan kantor pemerintahan itu. Begitu pula dengan Presiden Jokowi yang melakukan tes swab di kediamannya.

Bacaan Lainnya

Seiring waktu, kondisi terus membaik. Tak lama setelah dinyatakan positif Covid-19, Achmad Purnomo kembali melakukan tes swab. Beberapa hari kemudian, hasil tes swab keluar dan menunjukkan kalau Wakil Wali Kota Solo itu dinyatakan negatif COVID-19.

Setelah mengetahui Wakil Wali Kota Solo positif COVID-19, Presiden Jokowi langsung menggelar tes swab. Walaupun sebenarnya rutin melakukan tes kesehatan, pada waktu itu Jokowi melakukan tes swab lebih cepat dari biasanya. Untungnya, setelah hasil tes keluar, orang nomor satu di Indonesia itu dinyatakan negatif COVID-19.

“Saya berulang-ulang mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin, makan makanan bergizi, jangan lupa pakai masker, cuci tangan setelah aktivitas, jangan masuk ke dalam kerumunan, dan jaga jarak. Itu yang paling penting harus kita jaga terus,” kata Jokowi dikutip dari Liputan6.com pada Sabtu (25/7).

Walaupun dinyatakan positif COVID-19, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo merasa sehat-sehat saja. Namun Ia harus menjalani karantina mandiri di kediamannya. Achmad Purnomo dinyatakan positif setelah melakukan tes swab dua kali berturut-turut. Pada hasil tes yang pertama, dia dinyatakan negatif.

“Kayaknya saya merasa sehat sekali. Tidak ada keluhan sama sekali,” ungkap Achmad Purnomo dikutip dari Liputan6.com pada Jum’at (24/7).

Langsung Uji Swab Mandiri

Tak ingin terus berdiam diri meratapi hasil tes, Achmad Purnomo langsung melakukan uji swab secara mandiri sehari setelah Ia dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab test Dinas Kesehatan setempat. Dia melakukan tes swab di kediamannya pada 24 Juli 2020.

“Saya undang dokter untuk datang ke rumah. Harusnya saya datang ke rumah sakit. Tapi saya isolasi jadi tidak bisa. Selain swab, saya juga cek control kesehatan,” kata Achmad Purnomo.

Selang tiga hari kemudian, hasil tes swab Wakil Wali Kota Solo itu keluar. Selain itu juga ada hasil tes swab dari sang istri. Dari hasil yang keluar, keduanya dinyatakan negatif COVID-19.

Namun Ia harus melakukan tes swab lanjutan pada Selasa pagi (28/7). Tes swab itu dilakukan untuk mengetahui perkembangan lanjutan dari hasil tes swab yang menyatakan dia negatif COVID-19.

“Hasil swab Senin malam diantar ke rumah sekitar pukul 19.00 WIB. Hasil swab saya dan ibu itu negatif,” kata Achmad Purnomo dikutip dari Liputan6.com pada Selasa (28/7).

Sumber: merdeka.com

Pos terkait